Overblog
Edit post Follow this blog Administration + Create my blog
Sewa Pakaian Adat Bagi Orang Dewasa Harga Terjangkau

Sewa Busana Daerah Untuk Dewasa Harga Murah di Jakarta.Harga sewa pakaian relatif murah, tujuan kami mematok harga yang terjangkau supaya semuanya dapat menyewa baju adat tanpa merasa kemahalan. Harga per pakaiannya biasanya ada yang sama dan juga berbeda tergantung ragam dan kwalitas masing-masing.

Menelisik Lebih Dalam Tentang Pakaian Adat Sunda

Kebaya Sunda mempunyai ciri khas agak melebar pada komponen pergelangan tangan dibandingi lengan baju kebaya versi Jawa. baju yang dikenakan perempuan Sunda tenar akan warna-warnanya yang jelas. Simak info seputar sewa baju adat dewasa di jakarta.

Menilik dari sejarah, busana adat Sunda bukan cuma punya beskap dan kebaya. Penduduk autentik provinsi Jawa Barat, dulu mengetahui tiga jenis busana adat berdasarkan tingkat sosial, kaum bangsawan, kategori menengah, dan rakyat jelata.

Dinukil anjjabar, baju adat Sunda yang dikenakan laki-laki rakyat jelata umumnya berupa celana longgar yang dilengkapi sabuk, pakaian kurung dan ikat kepala (lohen). Tak tertinggal kain sarung poleng selempang, dan sandal tarumpah sebagai alas kaki.

Para perempuan, menggunakan kain panjang kebat dengan ikat pinggang, pakaian kebaya, kamisol dan selendang batik. Untuk alas kaki memakai sandal model jepit.

Berbeda lagi dengan pakaian adat Sunda yang diperuntukkan bagi kaum menengah atas, seperti pedagang ataupun saudagar. Untuk baju adat laki-laki memakai pakaian bedahan putih, kain kebat batik, ikat kepala, dan sabuk. Para saudagar laki-laki ini lazimnya mengenakan arloji rantai emas yang digantungkan di saku baju sebagai kelengkapan berbusana.

Untuk perempuan kaum menengah, memakai kebaya pelbagai warna sebagai atasan, kain kebat batik beraneka corak sebagai bawahan. Tak lupa memakai, ikat pinggang, selendang berwarna, alas kaki berupa selop, juga perhiasan berupa kalung, gelang, anting, dan cincin yang terbuat dari perak atau emas. Penambahan aksesori berupa arloji emas dan perhiasan menjadi pembeda antara pedagang dan rakyat lazim.

Jas atau kebaya beludru hitam dengan sulam benang emas ialah ciri khas busana adat Sunda yang diterapkan oleh kaum bangsawan.

pakaian yang dikenakan oleh kaum ningrat laki-laki Sunda terdiri dari jas berbahan beludru dan celana panjang bahan beludru warna hitam yang dihiasi sulam benang emas. Kain dodot motif rereng parang rusak, sabuk, benten atau sabuk emas, iket untuk tutup kepala, dan selop hitam sebagai alas kaki.

Sementara pakaian yang dikenakan oleh kaum ningrat perempuan ialah berupa kebaya beludru warna hitam yang dihiasi dengan sulam benang emas, kain kebat motif rereng, serta alas kaki berupa selop beludru yang dihiasi dengan manik-manik atau sulam emas.

Sebagai komplemen ditambahkan pula pengaplikasian perhiasan dari emas yang bertahta berlian yakni berupa giwang, gelang keroncong, cincin, kalung, peniti rantai, bros dan tikam konde.

Jawa Barat juga memiliki busana adat sah yang berlaku untuk semua lapisan masyarakat. busana adat legal inilah yang sering dipakai dan dapat dilihat pada acara-acara pemilihan gadis dan jejaka Jawa Barat

Para jejaka memakai jas takwa atau jas tutup dengan warna bebas (lebih sering kali hitam), celana panjang dengan warna yang sama, kain samping yang diikatkan di pinggang, penutup kepala berupa bendo, dan alas kaki selop. Hiasan yang dikenakan hanya berupa jam rantai yang umumnya dijepitkan pada saku jas.

Meski untuk para gadis, memakai pakaian berupa kebaya polos dengan hiasan sulam, kain kebat, beubeur (ikat pinggang), kamisol, selendang, dan alas kaki berupa selop dengan warna sama seperti warna kebaya.

Untuk hiasan menggunakan tikam konde berdandan bunga untuk rambut yang digelung ke atas, giwang, cincin, bros, kalung, gelang keroncong, peniti rantai, dan sebagian perhiasan lain yang terbuat dari emas bertahta berlian.
busana adat Sunda ala Jokowi

Pada acara Karnaval Kemerdekaan, Jokowi akan mengenakan busana beskap berwarna putih atau ungu. Alat ini dikenalkan oleh Olga Lydia, member panitia Karnaval Kemerdekaan Pesona Parahyangan 2017, seperti dikutip Diinfokan.

Olga juga mengatakan bahwa pakaian adat Sunda yang akan diaplikasikan Jokowi dan Iriana disiapkan oleh lima desainer asal Jawa Barat. Salah satu desainer yang terlibat merupakan Deden Iswanto.

Karnaval yang rutin diadakan sejak tahun 2015, adalah kultur penutupan puncak perayaan bulan kemerdekaan yang menampakkan kebudayaan dari semua wilayah di tanah dan dan melibatkan lebih dari 1.200 peserta.

Dilansir Tirto, Jokowi akan memimpin karnaval dari Kereta Pancasila, mobil hias yang dirancang oleh lima pekerja seni asal Bandung. Rute rangkaian Karnaval akan diawali dari depan Gedung Sate menuju ke Jalan Ir. H. Juanda dan Jalan Merdeka menuju ke Taman Vanda.

Share this post
Repost0
To be informed of the latest articles, subscribe:
Comment on this post